• SMP WALISONGO PECANGAAN
  • Your Passion , Our Mission

Pramuka Bukan Kuno dan Jadul

Pramuka tak selalu berkesan kotor,  jadul, kuno dan ketinggalan zaman. Kegiatan kepramukaan di SMP Walisongo Pecangaan justru merubah drastis pandangan hal tersebut. Pengunaan media digital salah satu cara yang paling efektif sebagai daya tarik kaum milenial diera 4.0.
Jum'at (4/2) SMP Walisongo melaksanakan kegiatan rutin kepramukaan di gedung olahraga walisongo pecangaan. Sebagai salah satu ekstra wajib, kegiatan kepramukaan harus diikuti seluruh peserta didik kelas 7 serta sebagai pilihan bagi kelas 8 dan 9. Sesuai dengan perkembangan zaman, pramuka dituntut untuk selalu inovatif dan kreatif dalam pembelajaran guna pembentukan karakter anak. Penggunaan media digital smartphone dipilih pembina pramuka SMP Walisongo dalam pembelajaran dan pendalaman materi kepramukaan semboyan semaphore.
"Kami selalu berusaha penuh untuk tetap membuat pramuka ini tidak ketinggalan zaman dan selalu diterima oleh anak-anak. salah satunya dengan penggunaan smartphone dalam pembelajaran semboyan semaphore ini" ucap kak Ridwan Setiawan, pembina pramuka SMP Walisongo Pecangaan.


Kegiatan yang dimulai pukul 07.30 Wib sampai 10.00 Wib diawali dengan upacara pembukaan yang kemudian dilanjutkan latihan baris berbaris guna melatih jiwa kepemimpinan dan kedisiplinan peserta didik. Kegiatan berlanjut dengan materi semboyan semaphore, materi kepramukaan yang sudah gak asing buat para pramuka ini sengaja dikemas beda, yang biasanya hanya dipraktekan dengan tongkat serta bendara kali ini berbeda dengan didatangkan smartphone dalam prakteknya, hal ini menjadi sangat positif dan efektif karena peserta didik semakin menikmati dan merasa senang karena lebih mudah memahami materi yang diberikan. Nasya Vitaliana Faiz mengatakan "Saya sangat senang, dengan menggunakan media seperti ini saya jadi lebih mudah memahami materi yang disampaikan serta sangat menarik bagi saya".
Pramuka harus tetap semangat dan selalu kreatif, tidak mudah putus asa serta harus dapat beradaptasi dengan situasi atau kondisi apapun meruapakan pesan dalam upacara penutupan kegiatan tersebut. (kik)

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
PERINGATI HARLAH NU, SMP WALISONGO MELAKSANAKAN ISTIGHOSAH

Dalam rangka hari lahir Nahdlatul Ulama ke-96 SMP Walisongo melaksanakan Istighosah bersama. Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Senin (31/1) bertempat di Masjid Besar Walisongo.Kep

31/01/2022 11:41 - Oleh Administrator - Dilihat 323 kali
PKKS Pertama, Kepala SMP Walisongo Dinilai Sukses

Kepala SMP Walisongo Pecangaan mengikuti Penilaian Kinerja Kepala Sekolah (PKKS) oleh Pengawas Disdikpora Kabupaten Jepara pada Kamis (13/01) di ruang multimedia sekolah tersebut. Kepa

18/01/2022 09:15 - Oleh Administrator - Dilihat 217 kali
PENGUMUMAN PEMBAGIAN KELAS

Diberitahukan kepada siswa – siswi SMP Walisongo Pecangaan, bahwa kegiatan belajar dan mengajar Tahun Pelajaran 2021/2022 akan segera dimulai, maka dengan ini perlu dibuatkannya k

07/05/2020 05:09 - Oleh Administrator - Dilihat 552 kali